Memilih Talin

Tradisi Talin adalah tradisi membawa sejumlah barang kebutuhan untuk diberikan kepada orang atau kelompok yang melaksanakan sebuah hajatan/perayaan/acara secara sukarela.

Talin merupakan gotong royong, kerja sama, solidaritas, dan toleransi kepada seseorang yang hendak melaksanakan pesta atau upacara di Witihama, kabupaten Flores Timur, NTT.

Tradisi ini berasal dari Lamaholot dan sudah berlangsung selama ratusan tahun. Di hari tersebut, seluruh masyarakat mulai dari yang beragama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, sampai Budha berkumpul di alun-alun Kabupaten Flores Timur, NTT untuk merayakan tradisi ini.

Budaya toleransi antarumat beragama, harus terus dipelihara karena tantangan intoleransi antaragama selalu berpotensi memicu konflik yang merugikan umat manusia.

Muhammad Badrun (27) – Banyumas Jawa Tengah, menuangkan cara ia merawat kebersamaan, toleransi, dan keberagaman dalam sebuah Puisi berjudul ‘Memilin Talin’

Karyanya menjadi pemenang di Lomba Indonesia Baik KBR Episode 9.

Puisinya yang sanggup membunyikan dan mendekatkan salah satu tradisi Flores Timur kepada para pembacanya, bisa dibaca di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.