Menjaga Toleransi sebagai Bukti Integritas Bangsa

Menjaga toleransi perlu kita lakukan untuk menciptakan lingkungan yang harmonis sebagai cara kita merawat kebersamaan yang sesungguhnya.

Triana Wulandari (22 tahun) menuliskan cerita soal pengalamannya hidup di Sulawesi Barat, dengan ayah yang punya beragam teman dari berbagai agama dan suku. Tentang masa kecil Triana saat berusia 10 tahun yang diajak ayahnya untuk bersilaturahmi ke rumah temannya yang tengah merayakan Natal.

Singkat cerita, untuk pertama kalinya saya diajak Ayah untuk berkunjung kerumah salah satu temannya. Saat itu saya masih berumur 10 tahun sehingga belum memahami situasi. Saat sampai, saya ingat akan sambutan anjing penjaga yang cukup ramah. Seketika saya sadar bahwa kami berada di rumah salah satu temannya yang beragama lain. Ketika masuk, saya melihat pohon natal yang terhias cantik dan aneka macam kue dan minuman tersedia di meja. Ternyata hari itu adalah malam natal dan Ayah memutuskan untuk bersilaturahmi di hari raya mereka. Yang membuat saya terkejut lagi adalah mereka juga memahami apa perihal agama kami sehingga mereka menyuguhkan makanan yang bisa kami makan dan minuman kaleng agar tidak memerlukan gelas lagi. Ternyata tak selesai sampai disitu, begitu hari raya Idul fitri tiba, giliran teman ayah yang datang ke rumah untuk bersilaturahmi.

Simak tulisan Triana selengkapnya di sini. Tulisan ini menjadi finalis kategori teks untuk lomba Indonesia Baik episode 1.

Leave a Reply

Your email address will not be published.